Kamis, 08 Desember 2016

Kerusakan TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) Mati Protek (Standby)

Kerusakan TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) Mati Protek (Standby)

TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) ini sering mengalami Protek yang di akibatkan melemahnya/rusaknya komponen tersebut. Pada kali ini, kami menemukan "Kerusakan Mati Protek (Standby) pada TV LG 21-Inch Slim dengan Model: 21SB6RD-T4". Menurut si pemilik tersebut: Televisi Merek LG 21" Slim ini sudah cukup lama di pergunakan, mungkin sudah sekitar 5 tahun-an yang lalu ketika televisi tersebut di beli, baru sekarang dan pertama kalinya di bongkar untuk di perbaiki, begitu tutur si pemilik televisi tsb.

TV LG 21" Slim, Model: 21SB6RD-T4 - Kerusakan Mati Protek (Standby)


Berdasarkan keterangan dari pemilik TV tersebut, kemudian kami melakukan pengetesan dan mencobanya menghidupkan televisi tersebut, dan televisi sempat menyala sebentar.. kemudian mati lagi, namun terlihat sekilas (sebelum mati lagi)ada cahaya bergaris horizontal melintang pada tengah layar, yang menandakan adanya kerusakan pada blok Vertikal pada mesin televisi tsb.

Setelah melihat adanya tanda kerusakan pada blok vertikal tersebut, kemudian kami melakukan pembongkaran, yaitu: membuka tutup belakang (cover), pada selanjutnya perhatian kami langsung terarah pada blok Vertikalnya, dan kemudian mengganti IC Vertikal Out dengan yang baru.

Setelah melakukan penggantian pada IC Vertikalnya, maka televisi kemudian dapat menyala dengan Normal, namun setelah kami perhatikan, ternyata pada "Bagian atas Layar TV terdapat garis garis yang cukup menggangu". Luas Garis garis yang muncul di bagian paling atas pada Layar televisi tersebut, sekitar 3 hingga 4 jari menuju arah bawah, sehingga di perkirakan 1/4 pada bagian atas layar tersebut, memunculkan garis garis yang cukup menggangu, namun ketika cahaya di redupkan, maka garis garis tersebut akan semakin menghilang pula, maka kami melakukan perbaikan lebih lanjut.

Kerusakan TV LG 21SB6RD-T4 (Slim) Mati Protek (Standby)


Langkah penggantian C321 (2200mF/25V), belum membuahkan hasil, penggantian C312 (0.68mF/50V), juga masih tetap belum membuahkan hasil, dan pada akhirnya di temukan kerusakan pada C307 dengan nilai (100mF/35V), setelah melakukan penggantian komponen elco dengan kapasitas 220mF/35V (jika ada ganti dengan ukuran yang sama), maka sekarang "Televisi LG 21SB6RD-T4 (Slim) dengan Kerusakan Mati Protek (Standby)" ini, dapat menyala Normal kembali.


Info Tambahan:
    • Kerusakan lain yang pernah kami temui pada jenis TV LG 21" Slim ini adalah: "Televisi dapat Menyala 1 hingga 3-5 Menit, kemudian Mati Standby lagi", lakukan penggantian pada komponen Resistor yang menghubungkan antara: +115V pada Regulator Power Supply ke B+ Flybacknya, nilai Resistor tersebut berkisar 1.4 Ohm/1W hingga 4.7 Ohm/1Whal ini sangat sulit di deteksi, karena komponen tersebut masih berfungsi / tidak rusak melainkan hanya melemah, sehingga "Menyebabkan Televisi tersebut dapat Menyala sebentar, kemudian Mati" lagi.
      Demikian sekilas, tentang Perbaikan pada  TV LG 21SB6RD-T4 (Slim), dengan Kerusakan Mati Protek (Standby) ini, semoga dapat bermanfaat bagi rekan teknisi, yang kebetulan menemui kasus kerusakan yang serupa. 


      Mas mau nanya.
      Untuk penggantian resistor yg penghubung antara regulator Power suplay ke B+ Flaybac saya nilai resistornya 1.4 Ohm
      Saya pengen ganti itu tapi nggak ada yg sama. Kira2 kalau diganti dengan resistor lain yg nilainya cocok apa yah mas? 

      Resistor penghubung antara B+ ke FBT tersebut sebagai pengaman saja, jadi bisa saja di ganti dengan Resistor lain dengan kisaran 1Ω - 4.7Ω / 1W - 2W, kira kira begitu Mas.. ? btw tks sudah berkunjung.. 

      Penyakit yg saya dapatin hampir sama dan mungkin sama dengan punya mas pas dihidupkan timbul garis vertikal tak lama tv mati kalau d pencet cenel hidup kembali tapi tk lama mati lagi apa sama itu kerusakan nya sama punya mas ..
      Mohon info nya mas 

      Kerusakan pas dihidupkan timbul garis vertikal tak lama tv mati kalau d pencet cenel hidup kembali tapi tk lama mati lagi, seperti yang Bang Hendra sebutin di atas, memang Umum terjadi karena kerusakan bagian "Vertikal Amp" nya, biasanya setelah di ganti IC Vertikalnya (LA 78141), Televisi tersebut dapat Menyala kembali, selanjutnya..kadang muncul garis garis di bagian atas layar, di karenakan kapasitor (elco) 100mF/35V yang sudah berkurang kapasitasnya.. coba ganti kedua komponen tersebut, mungkin bisa menyelesaikan masalah kerusakan standby/protek pada TV LG tersebut, kira kira begitu Bang..semoga bisa membantu 

      Halo mas. Mau nanya.saya punya tv lg slim model 21SB6RD Yg sama gejala kerusakannya dgn mas hendra pakpahan.setelah diganti ic vertikalnya LA78045, tetap saja garis horijontal. Kira2 diblok mana lagi yg rusak ya mas....., apakah sama ic vertikal La78141 dgn La78045.. sebelumnya saya ucapkan terima kasih. 


      Halo juga Mas Andri, LA 78040, LA 78141, LA 78045 dan yang sejenisnya masih berfungsi sama sebagai Penguat Vertikal (Vertikal Amp), tergantung beban Defleksi Vertikalnya, jika tidak berbeda terlalu jauh, maka gambar akan Normal normal saja. Namun.. jika setelah diganti ic vertikalnya LA78045, tetap saja muncul garis Horizontal, coba Mas Andri cek dan pastikan ada Tegangan (berkisar 24V - 27V) yang menuju ke IC Vertikal Amp tsb (kalau tidak salah pada Kaki IC no. 2 utama-nya), pastikan juga tidak ada Titik Kontak yang terlepas rangkaian / blok Vertikal Amp tsb.

      Jika sudah Yakin tidak ada titik kontak timah yang terlepas (loss contact), cek juga kabel defleksi yang tersambung ke Pin Defleksi di mesin TV tsb, jika masih.. Cek Elco Outputnnya (berkisar 1000mF/35V) yang terhubung langsung ke salah satu Pin Defleksi (Yoke) Vertikal, jangan lupa juga untuk men-cek Elco elco yang terdapat pada blok "Vertikal Amp" terutama elco yang berukuran / berkapasitas kecil seperti: 1mF - 4.7mF/16V - 50V (beberapa kasus sering terjadi kerusakan pada komponen ini), terakhir pastikan seluruh titik kontak pada IC Chroma benar benar terhubung dengan baik, Oh ya.. beberapa kasus Kerusakan Vertikal dari beberapa Merek juga sudah saya arsipkan di blog ini, mungkin Mas bisa telusuri lagi pada kategori "Catatan Reparasi TV", semoga dapat memberikan gambaran dan bermanfaat bagi kita semua, Tks juga sudah berkunjung di blog ini Mas Andri.. 

      Klw gambar nya bergaris2 n terlipat di bagian atas sekitar 4/5 jari elco bagian block nya vertikal,ic 7812 sdh di ganti tp masih garis2 dan berlipat apa yg rusak boro.

      Maaf gan.. mungkin maksudnya IC Vertikal dengan No Seri: LA 78040/78141 ya, sangat sering di temukan kerusakan pada jenis Elco dengan kapasitas: 100mF/35V (di blok Vertikal) tesebut, coba agan cek lagi gan.. jangan lupa komponen pengganti-nya harus di pastikan masih bagus.. (kalau bisa ganti dengan yang baru).. Sangat sering elco tersebut rusak juga, apabila ternyata IC Vertkal mengalami kerusakan..coba di cek lagi gan..!

      Jika kebetulan "Garis Garis dan Terlipat" pada bagian atas layar tv tersebut, terjadi setelah melakukan penggantian "Yoke Defleksi (DY)", coba juga lakukan "Service Mode" parameter, di bagian V-Line, V-Pos nya, semoga berhasil gan.. - 

      6 komentar:

      1. Salam kenal mas,sy mau tanya,kalau tampilan gambar membesar(nge-zoom) dan start jg loadingnya lama..kira2 apa yg harus dilakukan?tegangan semua normal,capasitor milar dan elco sudah pada diganti baru.terimakasih mas.

        BalasHapus
      2. Bisa kah bos,,,yg 100mikro 35 vol d ganti dg 470mikro 35v

        BalasHapus
        Balasan
        1. Terlalu besar kang sebaik nya mendekati nilai C tersebut misal 100 mikro 50v

          Hapus
      3. Tv lg saya kalo dinyalain gambarnya meredup..gelap...suara siaran masih ada...pernah diperbaiki cma masih sma sperti itu...katanya hrs ganti plyback nya karna sudah kendor...apakah itu benar?

        BalasHapus
      4. Mas ...mau tanya tv lg ultra slim model 21SB6RD-T4 seri 210 INWA 1A985 Nilai fybacknya berapa.?karena bocor mau saya ganti ternyata gak ada stiker nilai angka pada flybacknya.

        BalasHapus