Rabu, 12 Oktober 2016

Lupa Password Email

Lupa Password Email? Simak Tips Berikut

Dengan bangga ditulis oleh: Deni Prakosa

ARENALAPTOP.COM — Email merupakan sarana penting dalam era digital seperti sekarang. Namun seiring dengan perkembangan jaman, email juga sering mengalami pembajakan atau di-hackoleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika email kita di-hack oleh orang lain, maka segala macam data yang ada di email kita pasti hilang, apalagi saat kita membutuhkan data tersebut. Dunia mungkin serasa hancur.

Terlebih email yang terhubung dengan media sosial. Karena media sosial di Indonesia merupakan salah satu sarana online yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Dengan email-lah kita bisa memiliki media sosial sebagai ajang bercengkerama kita dengan sesama pengguna media sosial.

Pada dasarnya hacking oleh orang lain dapat kita hindari, jika kita membuat langkah-langkah preventifnya. Karena dari sekian banyak orang, pasti ada beberapa yang ingin mencuri rahasia-rahasia kita yang ada di dalam email. Apabila email sudah dikuasai oleh pihak lain, maka kita pasti kesulitan untuk menguasai email kita kembali. Saat kita berhasil menguasai kembalipun ada beberapa data yang mungkin sudah diubah atau digunakan oleh pihak lain.

Namun kegagalan saat login email juga muncul saat kita lupa dengan kata sandi kita di email yang kita buat. Nah artikel kali ini akan mengupas bagaimana trik jitu untuk kita sebagai pengguna media online khususnya email, agar kita tidak lupa apa yang menjadi kata sandi di email kita. Karena faktor manusiawi yang muncul dari dalam diri kita juga ikut menjadi salah satu faktor kegagalan kita untuk melakukan login di email kita.

Karena lupa merupakan sisi manusiawi dari diri manusia yang mungkin banyak terjadi di kehidupan kita sehari – hari tanpa kita sadari. Maka dibutuhkan langkah-langkah untuk mengatasinya jika hal tersebut terjadi pada diri kita, terutama saat kita mencoba masuk log in  ke dalam email.

Apa saja cara jitu untuk mengamankan kata sandi email, agar kita tidak lupa dan tidak mengalami kegagalan dalam melakukan login ke dalam email kita?

4 Cara Jitu Mencegah Lupa Password Email

1. Gunakan Kata Sandi Yang Mudah di Ingat

Kata sandi terbaik agar kita tidak lupa adalah kata sandi yang mudah, yang kita tidak membutuhkan waktu lama untuk mengingat-ingat. Mungkin bisa tanggal lahir kita, atau kata yang ada kaitannya dengan sisi terdekat kita. Jadi kita dengan mudah tidak mengingat dan memasukkan kata sandi.

Namun meski menggunakan kata sandi yang mudah diingat, kita juga perlu melakukan upaya preventif yakni tidak hanya menggunakan kata sandi yang mudah di ingat namun juga kata sandi tersebut jangan sampai terpikirkan oleh orang lain. Hal ini untuk menghindari upaya hack dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab diluar diri kita.

2. Cantumkan Nomor HP di Email Anda

Nomor HP merupakan salah satu alat pengaman yang berguna saat kita mengalami lupa password atau sandi email. Secara mendasar apabila kita gagal login, kita bisa melakukan recovery atau pemulihan kata sandi melalui nomor HP yang kita cantumkan di email.

Caranya adalah :

Masuk ke menu setting email AndaPilih menu untuk mencantumkan nomor HPSetelah Anda cantumkan maka pihak pengelola email akan mengirim digit akses masuk ke email tersebut.Masukkan digit yang Anda terima di HP pada email tersebut, dan selesai, nomor HP Anda sudah ter-link secara otomatis dengan email.

Sedangkan cara untuk melakukan recovery kata sandi email saat kita lupa adalah:

Masuk ke menu login emailKlik lupa kata sandiMasukkan nomor HP Anda, dan tunggu kode digit recovery password baru yang di kirim ke HPCek HP dan masukkan kode digitnya ke halaman tadiIsi password baru dan simpan, selesai. Password baru telah selesai dibuat.

3. Cantumkan Pertanyaan Rahasia Yang Mudah di Ingat

Ada beberapa provider email yang menggunakan kalimat pertanyaan untuk recovery password email yang baru dengan mencantumkan kalimat pertanyaan yang hanya bisa dijawab oleh pihak yang membuat email saat mendaftar.

Tipsnya gunakan pertanyaan yang mudah di ingat dan di jawab, dimana jawaban pertanyaan hanya bisa dijawab oleh kita sendiri sebagai pemilik email. Misal nama mantan Anda, nama mantan yang masih Anda sukai, atau nama mantan dari mantan Anda. Hmm

4. Simpan Kata Sandi di Tempat Yang Aman

Untuk menghindari faktor lupa password email, kita mesti juga melakukan upaya pencegahan dengan menyimpan kata sandi tersebut di sebuah file di laptop atau berupa catatan di HP kita. Apabila kita hendak masuk ke dalam email kita, kita dengan mudahnya menemukan kata sandi yang kita buat untuk menghindari faktor lupa. Kata sandi tersebut bisa kita copy pasteatau ketik sendiri ke dalam menu isian kata sandi.

Sebaik-baiknya pengingat adalah catatan yang terdokumentasikan. Jadi kita sebagai pengguna email wajib menjaga kata sandi dengan baik.

Demikian 4 cara jitu dari saya tentang cara jitu mengatasi lupapassword atau kata sandi email saat kita hendak masuk ke dalam email kita. Semoga bermanfaat artikel yang saya buat. Salam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar