Rabu, 12 Oktober 2016

Membuat Efek Gitar Distorsi Sederhana

MEMBUAT EFEK GITAR DISTORSI SEDERHANA

Membuat efek gitar. Akan terasa indah jika bermain gitar suaranya bisa berubah rubah, dan pastinya akan menyenangkan. Dalam dunia gitar ada sebuah alat yang dinamakan efek gitar yang berfungsi sebagai pengubah suara gitar. Efek gitar adalah merupakan sebuah alat elektronik yang berfungsi sebagai pengubah sinyal dari instrumen-instrumen tertentu atau sumber suara audio lainya. Nah, contoh seperti band aliran metal menggunakan efek gitar distorsi, aliran pop menggunakan efek gitar dinamik jadi Beda aliran musik juga beda efek yang digunakan karena memang harus seperti itu hehe. Dan berikut ini adalah jenis jenis efek gitar.

Ingin Pandai Melodi ? Baca Artikel Ini  3 Langkah Untuk Belajar Melodi Gitar

1. Distorsi 

Berkarakter warm, gritty dan fuzzy. Dengan cara memotong sinyal dari instrumen yang membuat suara jadi terganggu/distort. Efek distorsi juga dipecah menjadi beberapa efek yaitu mulai dari overdrive, fuzz, dan distorsi juga. Bedanya dari ketiga efek distorsi tersebut adalah cara pemotong sinyal input. Contoh efek fuzz adalah fuzz face, Electro-Harmonix Big Muff, Univox Super-fuzz, Shin-ei Companion FY-2.Contoh efek overdrive dan distorsi adalah Boss DS-1 Distortion, Ibanez Tube Screamer, Pro Co RAT, MXR Distortion, dan Marshall ShredMaster.

2. Dynamik 

Efek dinamik adalah efek yang pertama kali ditemukan dan pola kerjanya bakalan ngubah volume dari instrumen. Efek dinamik meliputi 1. Compresor yang berguna untuk menstabilkan volume dengan cara menguatkan sustainya. Contoh efek Keeley Compresor, MXQ Dyna Comp. 2. Booster yang berfungsi sebagai alat penguat sinyal instrumen untuk meningkatkan amplitudo dari sinyal inputnya. Penggunaan efek ini untuk menghindari loss sinyal atau waktu bermain solo. Contoh efeknya adalah Electro-Harmonix, Fender Volume Pedal, dll. 3. Noise gate berfungsi sebagai pembersih suara dari hum atau noise secara extreme yang berada dibawah tresholdnya. Contoh efeknya adalah MXR noisegate, ISP Decimator, dll

3. Modulasi  

Efek modulasi ini berguna sebagai kombinasi dari beberapa sinyal audio supaya mengahisal suara yang bervariasi. Efek modulasi meliputi 1. Chorus yang berguna untuk memberikan vibrato, variasi sinyal pada delay dengan sangat tipis. Contoh efeknya adalah TC Electroic Stereo Chorus, Electro-Harmonix Small Clone, dll. 2. Flanger sebagai pemberi suara seperti helikopter atau jet sebagai variasi delay pada sinyal aslinya. Contoh efeknya adalah MXR flanger, dll. 4. Filter Efek filter ini sebagai pengubah frekuensi dari input sinyal audio yang dilewatinya dengan cara menaikan atau menghilangkan frekuensi tertentu dalam sinyal frekuensi. Contoh efek. MXR 10-band EQ Pedal, Boss GE-7 Equalizer.

Ingin Tahu Cara Membuat Laptop / Komputer Jadi Efek Gitar ? Baca Artikel IniRubah Laptop Atau Komputermu Menjadi Efek Gitar

Nah, itu adalah beberapa jenis efek untuk bermain gitar atau bass dan berikut ini adalah cara untuk membuat efek gitar distorsi. Bahan yang diperlukan sudah pasti berada di toko elektronik seperti resistor, capasitor, dioda, IC, solder dan tenolnya.

Sebelum agan membuat efek gitarnya pertama yang anda lakukan
-yang pasti punya gitar listrik ya gan
-seperangkat alat solder dan timah
-punya rangkaiannya, kalo belum ada beli  
 -socket jack mic 2 buah  dan socket baterai 9v sekitar Rp. 35.000

Ingin Pandai Bergitar ? Baca Artikel Ini Tips Bermain Gitar Agar Cepat Pandai

Contoh skema dan tata letak komponen

dan ini buat pengeboran buat melubangi pcb

dan ini daftar komponennya
MXR distorsi
Resistor:    Capasitor:
R1 - (tidak terpakai)    C1 - 1uf
R2 - 1M    C2 - 0.01uf
R3 - 1M    C3 - 0.003uf
R4 - 1M    C4 - 0.047uf
R5 - 10k    C5 - 10pf
R6 - 4k7 (4.7k)    C6 - 1uf
R7 - 500k Rev-log. Pot    C7 -0.047uf
R8 - 1M    
R9 - 10k    IC: IC1 - 741
R10 - 50k log. pot  

Dioda:
D - 4148

-tambahan
(Potensionya mono bukan stereo, volt min & ground jack nya lansung dari ground / tulisan GND)

jika anda ingin ubah menjadi Dod overdrive 250 ada beberapa komponen yang harus diganti:

Resistor:    Capasitor:
R1 - (tidak terpakai)    C1 - 10uf
R2 - 20k    C2 - 0.01uf
R3 - 20k    C3 - (tidak terpakai)
R4 - 1M    C4 - 0.05uf
R5 - 10k    C5 - 10pf
R6 - 47k    C6 - 10uf
R7 - 500k Rev-log. Pot    C7 - 0.047uf
R8 - 1M    
R9 - 10k    IC: IC1 - 741
R10 - 100k log. pot

Dioda:
D - 4148

Jadinya

Nah itulah info jenis jenis efek gitar dan cara membuat efek gitar distorsi. Dan  terima kasih karena sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel saya yang berjudul Jenis Jenis Efek GItar dan Cara membuat Efek Gitar dan sebagian artikel ini adalah hasil rewrite darihttp://synysterfariz.blogspot.com/2014/05/cara-membuat-efek-gitar-yang-mudah-dan.html semoga artikel tersebut bisa membantu dalam hal yang sama, terima kasih, Next.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar